Kajian dan Buka Puasa Bersama, Demi Meningkatkan Ukhuwah Islamiyyah IMM Averroes

Dari Ramadhan Raih Ridho Illahi, Kajian dan Buka Puasa Bersama IMM Averroes untuk Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah
Dok. Ustadz Khoiri pada kajian Ramadhan IMM Averroes

Sidoarjo, IMM Averroes - Sabtu, 30 Maret 2024, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) komisariat Averroes (FAI) UMSIDA mengadakan kegiatan kajian Ramadhan dan buka puasa bersama yang bertemakan "Dari Mata Turun ke Hati dari Ramadhan Raih Ridho illahi". Bertempatan di Masjid besar Candi Sidoarjo. Kegiatan ini diramaikan oleh kader-kader Averroes serta masyarakat sekitar.

Dalam kajian Ramadhan tersebut, Ustadz Khoiri, S.Th.I, M.Pd.I selaku pemateri menyampaikan bahwa ada 5 karakter ataupun kebiasaan yang bisa kita dapatkan dari ibadah puasa ini.

"Ada 5 karakter atau kebiasaan yang dilahirkan dari ibadah puasa Ramadhan, yaitu seperti pada firman Allah SWT di surah Ali 'Imran ayat 17, yaitu Sabar, Jujur, Taat, menginfakkan hartanya, dan selalu memohon ampunan" jelasnya.

Oleh karena itu, kehadiran bulan Ramadhan ini dapat kita syukuri dan juga dapat kita manfaatkan sebagai momentum untuk mengintrospeksi diri kita sendiri serta bertafakur kepada Allah SWT dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan (imanan wa-ihtisaban).

Serta untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap penderitaan satu sama lain, terutama kepada mereka yang kurang beruntung serta para fakir dan miskin. Yang mana kita harus resapi dan hayati makna dan hikmah puasa Ramadhan ini guna untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah sesama makhluk sosial.

Kegiatan diakhiri dengan baik dan mendapatkan banyak antusias dari peserta kegiatan yang hadir pada saat acara itu berlangsung. Setelah satu demi satu rangkaian acara kegiatan kajian Ramadhan ini selesai, kemudian agenda dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama.

"Alhamdulillah, agenda Kajian dan Buka Bersama ini telah terlaksana. Walaupun terkendala dari mic soundsystem tetapi hal tersebut tidak menjadikan semangat dari teman-teman IMM goyah, terlihat dari antusias peserta kajian entah itu dari teman-teman IMM sendiri ataupun jamaah masjid untuk mendengarkan kajian yang dibawakan oleh Ust. Choiri" ujar IMMawan Mochammad Wildanu Mucholladun (Ketua Bidang Tabligh IMM Komisariat Averroes).

IMMawan Danu juga berharap agar kader-kader IMM Averroes sekalian dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dengarkan pada kajian yang telah diikutinya ketika belajar pada setiap harinya.

Penulis: RPK IMM Averroes

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال