Tingkatkan Kualitas Dalam Berorganisasi, IMM Averroes Adakan Kegiatan SABAR (Silaturahmi Bareng Averroes)

Tingkatkan Kualitas Dalam Berorganisasi, IMM Averroes Adakan Kegiatan SABAR (Silaturahmi Bareng Averroes)
Dok. Pemateri dan Moderator Acara SABAR (Silaturahmi Bareng Averroes)

Sidoarjo, IMM Averroes - Senin, 22 April 2024, PK IMM Averroes UMSIDA mengadakan kegiatan seminar silaturahmi bareng Averroes (SABAR) yang bertemakan "Peran Penting Mahasiswa dalam Menghadapi Milenial Culture di Ranah Organisasi Kampus".

Kegiatan seminar ini bertempatan di Aula KH. Mas Mansur, Kampus 1, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dengan Mengundang 2 pemateri, Ahmad Nidhom, SPd.I  dan Umi Jamilah, serta dihadiri oleh para kader IMM Komisariat Averroes yang melengkapi acara seminar pada siang hari itu.

Sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu mengenai dunia organisasi dan kampus, pembahasan seminar tersebut tidak jauh-jauh dengan kegiatan berorganisasi, pengalaman-pengalaman di kampus, serta peran mahasiswa terhadap lingkungan sekitar.

Pemateri menjelaskan bahwa kita sebagai mahasiswa yang berorganisasi, kita akan berpikir kritis terhadap sesuatu hal, tetapi walaupun kita kritis kita juga harus tetap memiliki adab, karena IMM itu sendiri juga sebagai agent of change (agen perubahan).

Pemateri Umi Jamilah di Acara SABAR IMM Averroes
Dok. Pemateri Umi Jamilah di Acara SABAR IMM Averroes

"Walaupun kita kritis kita harus tetap punya adab. Imm itu agen perubahan, perubahan seperti apa? Kita contohkan seperti sholat di masjid atau dari hal kecil lainnya seperti menjenguk teman yang sakit, tunjukkan dari hal-hal kecil terlebih dahulu". Jelas Umi Jamilah

Selain itu beliau menjelaskan bahwa berorganisasi juga harus tetap memiliki niat yang baik seperti contoh berlomba-lomba dalam hal kebaikan, mengamalkan ilmu yang telah didapatkan, serta dalam berorganisasi juga harus tetap semangat dan bersabar dalam menjalani prosesnya.

"Tetapkan niat. Niatkan berlomba-lomba dalam kebaikan, saya berorganisasi dengan niat lillahi ta'ala, seperti sayyidina Ali yang memajukan peradaban". Ujarnya

Pemateri Ahmad Nidhom di Acara SABAR IMM Averroes
Dok. Pemateri Ahmad Nidhom di Acara SABAR IMM Averroes

Kemudian Ahmad Nidhom menjelaskan bahwa dalam berorganisasi, kita tidaklah hanya sekedar mengikuti dan berdiam saja, namun juga harus tetap eksis dalam organisasi tersebut seperti contoh yaitu berkarya. "Karena bagaimana bisa kita diakui kalo kita tidak berkarya". Ujarnya

"Nanti dalam organisasi pasti kamu akan mendapatkan ilmu yang tidak akan kamu dapatkan dari luar organisasi, setelah kamu dapat ilmu tersebut lalu kamu amalkan, kita dapat ilmu kemudian kita amalkan, kemudian berpacu dalam kualitas, jadi kita harus punya cita cita atau tujuan akhir. Juga dalam berorganisasi intinya tetap semangat dan sabar karna ini memang ujian kita, jalani prosesnya dan nikmati prosesnya. Kemudian yang terpenting adalah hari ini harus baik daripada hari kemarin, itulah definisi orang sukses. Orang yang berproses, menjalani dinamika, dan menjadi lebih baik daripada hari kemarin". Sambung Umi Jamilah

Penyerahan Sertifikat Pemateri Umi Jamilah di Acara SABAR IMM Averroes
Dok. Penyerahan Sertifikat Pemateri Umi Jamilah di Acara SABAR IMM Averroes
Dari penyampaian dua pemateri tersebut, kita dapat simpulkan bahwa organisasi di sebuah kampus itu penting, karena dengan berorganisasi kita dapat mengetahui jati diri kita dan langkah kedepannya, serta memiliki intelektual yang tidak kita dapat selain di organisasi. Juga dalam berorganisasi kita harus meningkatkan kemampuan dengan berkarya.
Penyerahan Sertifikat Pemateri Ahmad Nidhom di Acara SABAR IMM Averroes
Dok. Penyerahan Sertifikat Pemateri Ahmad Nidhom di Acara SABAR IMM Averroes

Setelah penyampaian materi, acara kemudian disambung dengan tanya jawab dan ditutup dengan kegiatan foto bersama.

Penulis: RPK IMM Averroes

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال